Langsung ke konten utama

DONATUR SEDEKAH TITIPAN : Total Penerimaan : 1.950.000 |(17/05) 1. Hamba Allah Rp. 200.000, 2. Siti Nurohmah Rp. 1.000.000. 3. Made Malinda K (Debong) Rp. 500.000 4. Sameera 50 Kg Beras (Dalam Bentuk Dana) 5.Laelawati Rp.100.000 6.Hamba Allah Rp. 50.000 7.Hamba Allah Rp.70.000 8.Hamba Allah Rp. 30.000. 9. Hamba Allah, 10 Kg Telur. Terima Kasih Atas Donasinya, Semoga Allah SWT memberikan balasan yang terbaik. Aamiin. Rekening Sedekah Titipan : BCA No.Rek. 493-010-6076 a.n Tubagus Ganden Arkadi    

Unggulan

Franco Fotana, Warga Italia Yang Berjuang Untuk Palestina

GANDENKU.COM | Dunia Islam - Dia adalah seorang Warga Italia asli bernama “Franco Fontana" bertempur bersama Palestina melawan tentara pendudukan selama 22 tahun.Dia menjual semua properti ayahnya di-Italia, Palermo pada tahun 1975, dan menyumbangkn ke kamp-kamp Palestina.Dia bergabung dalam setiap pertempuran bersama muslim Palestina lainnya dan dikenal karena akurasinya dalam menggunakan roket Katyusha.Dia masuk Islam dan mengubah namanya menjadi "YOUSSEF IBRAHIM" dan meninggal pada tahun 2015 di Lebanon.Meninggalkan surat wasiat dimana dia menulis, "Saya mungkin mati dan tidak melihat PEMBEBASAN PALESTINA, tetapi anak atau cucu saya pasti akan melihat kemerdekaannya"

Jangan Lepaskan Subuh Berjamaahmu Sampai Waktu Syuruq

GANDENKU.COM | Day To Day Ramadhan - Ramadhan adalah kesempatan bagi kita untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya karena di bulan inilah Allah SWT berikan kelebihan-kelebihan bagi ummat Islam yang menjalankan amal ibadah di bulan Ramadhan. Bukan sekedar lipatan ganda bagi setiap pahala yang akan kita raih melainkan dorongan semangat yang lahir dari diri kita untuk melakukannya.

Dorongan semangat yang lahir dari diri kita tersebut tidak lain karena suasana Ramadhan memang sangatlah mendukung, lingkungan yang memiliki spirit yang sama untuk melakukan amal sholeh secara sadar ataupun tidak telah menjadikan diri kita ikut dalam arus keshalihan dan kebaikan tersebut. Lihat saja musholla dan masjid dalam suasana Ramadhan akan senantias ramai, baik untuk melaksanakan shalat tarawih maupun tadarus qur'an.

Begitu juga dengan Shalat Subuh Berjamaah yang biasanya dalam satu musholla hanya ada satu baris shaf bagian depan saja, di saat Ramadhan bukan hanya bertambah jumlah shaf melainkan bisa sampai ke luar musholla dengan melubernya jamaah sholat subuh. Akan tetapi ada satu hal yang sangat disayangkan dalam memanfaatkan momentum Ramadhan ini terutama pasca melaksanakan shalat subuh,

Banyak jamaah yang belum memahami bahwa ada pahala yang sangat besar pasca sholat subuh, salah satunya dengan ber itiqaf sejenak sampai waktu syuruq tiba. Kebaikan di waktu syuruq ini masih belum banyak difahami oleh kebanyakan jamaah subuh berjamaah sehingga banyak jamaah yang lebih memilih pulang dengan segera meninggalkan musholla.

Berikut adalah hadist keutamaan shalat Sunnah Syuruq bagi ummat Islam :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ (رواه الترمذي هذا حديث حسن غريب)

Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang shalat pagi hari (subuh) secara berjamaah, kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbitnya matahari, kemudian ia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sempurna, sempurna, sempurna.’ (HR. Turmudzi, beliau berkata bahwa hadits ini hasan gharib)

Betapa mahalnya pahala bagi yang melakukan shalat sunnah syuruq dua rakaat sehingga pahalanya di sejajarkan dengan pahala sebagaimana mengerjakan haji dan umrah. Sampai Rasulullah SAW sendiri mengatakan dengan kalimat Sempurna sebanyak tiga kali.

Hadist lain berkaitan dengan Shalat Sunnah Syuruq sebagai berikut :

عن سعد بن طريف ، عن عمير بن مأمون بن زرارة ، عن حسن بن علي ، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من صلى الفجر ثم قعد في مجلسه يذكر الله حتى تطلع الشمس ، ثم قام فصلى ركعتين حرمه الله على النار أن تلفحه أو تطعمه (رواه البيهقي)

Dari Sa’d bin Tharif, dari Umair bin Ma’mun bin Zararah, dari Hasan bin Ali ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang shalat subuh kemudian ia duduk di majelisnya berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia shalat dua rakaat, maka Allah akan haramkan dirinya dijilat atau dimakan api neraka.’ (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman Fashl Al-Masyi Ilal Masjid, Bab Man Shalla Al-Fajr summa Qa’ada fi Majlisihi Yadzkurullah Hatta Tatlu’as Syams, hadits no 2826.

Begitu penting dan mahalnya shalat sunnah syuruq ini, seyognyanya kita harus menjadikan salah satu prioritas dalam melaksanakan pasca subuh berjamaah. Memang cukup berat melaksanakan sholat sunnah ini mengingat untuk bangun subuh dan melaksanakan sholat subuh berjamaah saja masih berat. Untuk itu di saat bulan Ramadhan ini kita dapat memulainya, setidaknya usai makan sahur terus di jaga tidak langsung tidur. Dengan membiasakan menjaga waktu subuh berjamaah dan selanjutnya kita tingga menjaganya sampai waktu syuruq. Mari kita jaga dan jangan lepaskan subuh berjamaah sampai waktu syuruq. Wallahualam.[TGA]

Postingan Populer