Langsung ke konten utama

DONATUR SEDEKAH TITIPAN : Total Penerimaan : 1.950.000 |(17/05) 1. Hamba Allah Rp. 200.000, 2. Siti Nurohmah Rp. 1.000.000. 3. Made Malinda K (Debong) Rp. 500.000 4. Sameera 50 Kg Beras (Dalam Bentuk Dana) 5.Laelawati Rp.100.000 6.Hamba Allah Rp. 50.000 7.Hamba Allah Rp.70.000 8.Hamba Allah Rp. 30.000. 9. Hamba Allah, 10 Kg Telur. Terima Kasih Atas Donasinya, Semoga Allah SWT memberikan balasan yang terbaik. Aamiin. Rekening Sedekah Titipan : BCA No.Rek. 493-010-6076 a.n Tubagus Ganden Arkadi    

Unggulan

Franco Fotana, Warga Italia Yang Berjuang Untuk Palestina

GANDENKU.COM | Dunia Islam - Dia adalah seorang Warga Italia asli bernama “Franco Fontana" bertempur bersama Palestina melawan tentara pendudukan selama 22 tahun.Dia menjual semua properti ayahnya di-Italia, Palermo pada tahun 1975, dan menyumbangkn ke kamp-kamp Palestina.Dia bergabung dalam setiap pertempuran bersama muslim Palestina lainnya dan dikenal karena akurasinya dalam menggunakan roket Katyusha.Dia masuk Islam dan mengubah namanya menjadi "YOUSSEF IBRAHIM" dan meninggal pada tahun 2015 di Lebanon.Meninggalkan surat wasiat dimana dia menulis, "Saya mungkin mati dan tidak melihat PEMBEBASAN PALESTINA, tetapi anak atau cucu saya pasti akan melihat kemerdekaannya"

Manfaatkan Buangan Air Wudhu, Masjid Nurul Jannah Gresik Budidaya Sayur dan Ikan


GANDENKU.COM | Beranda Masjid - PT Petrokimia Gresik membuat konsep kebun budi daya tanaman dan ikan dengan memanfaatkan air wudu dari Masjid Nurul Jannah milik perusahaan tersebut di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi dalam keterangan persnya di Surabaya, Sabtu mengatakan kebun budi daya ini sebagai wujud perusahaan dalam memaksimalkan sumber daya yang ada untuk mendukung konsep eco-masjid.

"Terobosan ini merupakan salah satu langkah perusahaan dalam menguatkan konsep Masjid Nurul Jannah sebagai masjid berwawasan lingkungan," kata Rahmad.
Ia mengatakan, pola pengairan kebun budi daya memanfaatkan air bekas wudu jamaah masjid yang ditampung dalam sebuah bak penampungan, kemudian dialirkan melalui instalasi pipa untuk mengairi tanaman penghijauan, kolam ikan serta diteruskan ke kebun sayuran. 
Budidaya Sayuran di Masjid Nurul Jannah

Kebun budi daya ini, kata dia, juga dibangun di atas lahan bekas pembuangan sampah, sehingga perusahaan benar-benar mampu mengoptimalkan sumber daya yang selama ini terbuang dan disulap menjadi fasilitas yang memiliki nilai.

"Melalui kebun budi daya ini, masjid memperoleh pendapatan dari hasil panen sayur dan ikan. Selain itu juga dapat menjadi sarana belajar bagi masjid dan abang becak tentang budi daya pertanian. Sehingga memiliki fungsi sebagai media untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Masjid Nurul Jannah," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan Masjid Nurul Jannah juga memiliki fasilitas "Pondok Abang Becak" untuk tempat tinggal para abang becak.

Abang Becak Yang Mangkal di Masjid Saat Menerima Sedekah
"Mereka adalah warga pendatang yang mengais rezeki di sekitar masjid dan perusahaan serta tidak memiliki tempat tinggal. Kebanyakan dari abang becak adalah seorang petani di kampung halamannya, sehingga perusahaan memfasilitasi kemampuan mereka bercocok tanam dengan menyediakan kebun budidaya sayuran dan ikan," katanya.

Sebelumnya, Masjid Nurul Jannah juga sudah dikenal sebagai eco-masjid, seperti terlihat pada desain bangunan.

"Desain masjid ini benar-benar menyesuaikan dengan kondisi iklim tropis, jamaah bisa tetap merasa sejuk meskipun tidak menggunakan AC. Arsitektur masjid bergaya Jawa ini mampu menghemat energi, dan dapat meminimalisasi emisi freon yang dapat merusak ozon," katanya.
Jendela Masjid yang Memberikan Kesejukan

Kompleks Masjid Nurul Jannah juga semakin rindang dengan adanya berbagai tanaman penghijauan, mulai dari halaman, tempat parkir hingga sejumlah fasilitas bangunan masjid lainnya. Langkah ini memperkuat konsep Masjid Nurul Jannah sebagai masjid berwawasan lingkungan.

Ketua Takmir Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik, Rohmad menjelaskan, pihaknya ingin mejadikan Masjid Nurul Jannah sebagai masjid yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar melalui berbagai inovasi atau terobosan.

Ia mengatakan jika keberhasilan inovasi yang selama ini dilakukan oleh Takmir Masjid Nurul Jannah adalah berkat dukungan dari Manajemen Petrokimka Gresik. Sehingga mampu menjadikan Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik sebagai masjid berwawasan lingkungan serta dapat memberikan manfaat lebih banyak lagi.

Sumber : id.yahoo.com


Komentar


Postingan Populer