Langsung ke konten utama

DONATUR SEDEKAH TITIPAN : Total Penerimaan : 1.950.000 |(17/05) 1. Hamba Allah Rp. 200.000, 2. Siti Nurohmah Rp. 1.000.000. 3. Made Malinda K (Debong) Rp. 500.000 4. Sameera 50 Kg Beras (Dalam Bentuk Dana) 5.Laelawati Rp.100.000 6.Hamba Allah Rp. 50.000 7.Hamba Allah Rp.70.000 8.Hamba Allah Rp. 30.000. 9. Hamba Allah, 10 Kg Telur. Terima Kasih Atas Donasinya, Semoga Allah SWT memberikan balasan yang terbaik. Aamiin. Rekening Sedekah Titipan : BCA No.Rek. 493-010-6076 a.n Tubagus Ganden Arkadi    

Unggulan

Semangat BerQurban, bisa menjangkau Seluruh Pelosok Negeri

GANDENKU.COM | Ayo Qurban - JPRMI sebagai organisasi kepemudaan masjid yang memiliki jaringan lebih di 20 propinsi di Indonesia. Tahun ini bekerjasama dengan ACT melaksanakan penggalangan dan pemotongan Hewan Qurban. 
Untuk itu kami mangajak masyarakat yang akan menyalurkan Kurbannya melalui JPRMI dapat dilakukan dengan melakukan klik pendaftaran online di bawah ini : 
https://www.globalqurban.com/agen/gandenku17FWe 
Untuk informasi berkaitan dengan program Qurban bisa hubungi kami di wa.me/6287782050919

Ustadz Antum

Foto : Takjil On The Road PKS Pejaten Timur 2018
GANDENKU.COM | Catatan - Tiba-tiba seorang perempuan masih muda dari belakang menyapa saya "Ustdaz Antum boleh gak minta bukaannya?". Saya pun menjawab "Oh ya mbak silahkan ambil secukupnya". Mbaknya yang belum berkerudung mengambil dua porsi bukaan, istilah populernya "takjil". Buat ia satu dan buat temannya.
Kejadiaan ini terjadi 16 tahun silam, setahun lebih muda dari usia anakku. Saat itu bulan Ramadhan saya bersama teman-teman PKS Ranting Pasar Minggu sedang melakukan pembagian takjil di sekitaran jalan raya pasar minggu, tepatnya di depan Tetap Segar.
Kegiatan yang dilakukan tahun 2004 tersebut merupakan kegiatan kali kedua yang saya lakukan bersama teman-teman PKS di jakarta. Takjil yang dibagikan tidaklah "wah" atau sesuatu yang sangat mahal, tapi sangat sederhana. Setiap porsi hanya di isi kurma, air minum, dan lontong atau tahu goreng. Tapi hal ini bagi mereka yang ada dijalanan sangatlah berarti terlebih saat adzan tiba posisi masih tanggung tidak ada pedagang sedangkan menyegerakan berbuka adalah bagian dari sunnah Nabi.
Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda.
لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ
“Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.” [Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093]
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda.
لاَيَزَالُ الدِّيْنُ ظَاهِرًا مَا عَجَّلَ النَّاسُ الْفِطْرَ، لِأَنَّ الْيَهُوْدَ وَ النَّصَارَى يُؤَخِرُوْنَ
“Agama ini akan senantiasa menang selama manusia menyegerakan berbuka, karena orang-orang Yahudi dan Nasrani mengakhirkannya.” [Hadits Riwayat Abu Dawud 2/305, Ibnu Hibban 223, sanadnya Hasan]
Disamping itu, tidak jarang musafir (yang melakukan perjalanan) kerapkali memiliki keterbatasan dana mungkin dananya pas-pasan saat hendak melakukan perjalanan keluar rumah atau memang sedang tidak ada. Untuk kasus ini saya sendiri pernah mengalami, ketika berkendara motor.
Pernah juga mengalami saat bareng dengan temen-temen SMA dari Labuan jalan-jalan ke Bogor antar teman ke rumah orang tuanya, waktu adzan telah tiba sedangkan tidak ada dana untuk membeli bukaan (saat itu pembagian takjil dijalanan belum menjadi tren). Akhirnya saya bersama teman-teman berbuka dengan minum air hujan.
Berbagi takjil memang kegiatan yang sederhana tapi bisa bermanfaat banyak bagi mereka yang ada dijalan. Jadi jangan sepelekan hal yang kecil karena Allah membalas amal kebaikan bukan hanya yang besar, yang kecilpun akan dibalasnya.
Btw, mbak yang itu sekarang mungkin usianya sudah 39 tahunan. Semoga sudah berhijab ya mbak. Aamiin.
Jalanku Bersamamu, sepenggal kisah...

Komentar


Postingan Populer