Langsung ke konten utama

DONATUR SEDEKAH TITIPAN : Total Penerimaan : 1.950.000 |(17/05) 1. Hamba Allah Rp. 200.000, 2. Siti Nurohmah Rp. 1.000.000. 3. Made Malinda K (Debong) Rp. 500.000 4. Sameera 50 Kg Beras (Dalam Bentuk Dana) 5.Laelawati Rp.100.000 6.Hamba Allah Rp. 50.000 7.Hamba Allah Rp.70.000 8.Hamba Allah Rp. 30.000. 9. Hamba Allah, 10 Kg Telur. Terima Kasih Atas Donasinya, Semoga Allah SWT memberikan balasan yang terbaik. Aamiin. Rekening Sedekah Titipan : BCA No.Rek. 493-010-6076 a.n Tubagus Ganden Arkadi    

Unggulan

[ FOTO ] Foto-Foto Pasca Ledakan Di Libanon

Foto : Getty Image Sumber : BCC News Indonesia

Surat Raja China Kepada Kaisar Persia

GANDENKU.COM | Dunia Islam - Karena kalah perang melawan kaum Muslimin, Yazdajir, Kaisar Persia saat itu (sekarang bernama negara Iran) akhirnya mengutus seorang utusan untuk meminta bantuan kepada Raja Cina.

Raja Cina bertanya kepada utusan Yazdajir, "Apa yang terjadi..? Bukankah kalian negara yang begitu besar, mengapa bisa dikalahkan oleh kaum yang kecil?
Bagaimana sebenarnya kaum itu?"

Utusan Yazdajir berkata, "Silahkan Tuan bertanya, apa yang Tuan ingin ketahui tentang kaum itu?"

Raja Cina bertanya, "Apa yang mereka katakan kepada kalian sebelum perang?"

Utusan Yazdajir menjawab, "Mereka menawarkan satu dari tiga hal. PERTAMA, kami diajak masuk Islam, dengan demikian kami sama dengan mereka. KEDUA, kalau kami tidak mau masuk Islam maka kami harus membayar jizyah (semacam pajak) dengan demikian maka kami dalam jaminan dan perlindungan mereka. KETIGA , kalau kami menolak, maka perang..!"

Raja Cina bertanya, "Apakah mereka menepati janji?"

Utusan Yazdajir menjawab, "Ya, mereka adalah kaum yang sangat menepati janji."

Raja Cina bertanya, "Apakah mereka ada ajaran tentang halal dan haram?"

Utusan Yazdajir menjawab, "Ya."

Raja Cina bertanya, "Apakah mereka suka menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal?"

Utusan Yazdajir menjawab, "Tidak. Mereka adalah kaum yang sangat memegang teguh ajaran Agama mereka."

Raja Cina berkomentar, "Selama mereka tidak menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal, maka mereka takkan bisa dikalahkan."

Lalu Raja Cina bertanya tentang pakaian, kendaraan dan perkakas kaum muslimin,
dan utusan Yazdajir menjawab dengan jelas dan detail.

Akhirnya, Raja Cina menulis surat sebagai jawaban untuk Kaisar Persia Yazdajir. Isi Surat itu adalah:

"Sesungguhnya bukan aku tidak tahu bahwa sesama raja ada hak dan kewajiban untuk saling membantu, dan bukan aku tidak mau membantu.Aku bisa membantu dengan pasukan perangku yang paling depan sudah sampai di wilayah Persia dan yang belakang masih di Cina. Tapi itu tak ada gunanya. Karena, kaum yang memiliki sifat-sifat sebagaimana yang disebutkan oleh utusanmu itu jika mau meruntuhkan gunung niscaya mereka bisa meruntuhkannya. Dan jika mereka menyerang kerajaanku karena ikut membantumu, niscaya mereka melenyapkanku dan kerajaanku. Kaum ini, tak bisa dikalahkan hingga mereka berubah menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal. Maka saranku, berdamailah dengan mereka. Dan terima tawaran mereka."

*******

Sumber :
Kitab
1. Tarikh Ath-thabari.
2. Al-kaamil Fit-taariikh, Ibnul Atsir.
3. Al-bidayah wan-Nihayah, Ibnu Katsir.

#Copas

Komentar


Postingan Populer