Langsung ke konten utama

DONATUR SEDEKAH TITIPAN : Total Penerimaan : 1.950.000 |(17/05) 1. Hamba Allah Rp. 200.000, 2. Siti Nurohmah Rp. 1.000.000. 3. Made Malinda K (Debong) Rp. 500.000 4. Sameera 50 Kg Beras (Dalam Bentuk Dana) 5.Laelawati Rp.100.000 6.Hamba Allah Rp. 50.000 7.Hamba Allah Rp.70.000 8.Hamba Allah Rp. 30.000. 9. Hamba Allah, 10 Kg Telur. Terima Kasih Atas Donasinya, Semoga Allah SWT memberikan balasan yang terbaik. Aamiin. Rekening Sedekah Titipan : BCA No.Rek. 493-010-6076 a.n Tubagus Ganden Arkadi    

Unggulan

[ FOTO ] Foto-Foto Pasca Ledakan Di Libanon

Foto : Getty Image Sumber : BCC News Indonesia

LELAKI SERIBU MASJID

GANDENKU.COM | Lelaki Seribu Masjid - Program ini merupakan sebuah kegiatan sosial yang dilakukan secara personal dengan target dan sasaran dari masjid ke masjid yang ada di Indonesia dan mudah dijangkau.

Perlu kita ketahui bahwa jumlah masjid saat ini sebanyak 800 ribu masjid yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, keberadaan jumlah masjid yang begitu banyak setidaknya menjadi khabar gembira buat kita semuanya, namun hal ini akan menjadi tantangan buat kita juga.

Grand Syaikh Al Azhar Kairo Mesir saat mendapatkan khabar jumlah masjid yang ada di Indonesia ia begitu kagum sekaligus khawatir dengan perkembangan masjid ke depannya. Rasa khawatir itu hadir karena masjid akan menjadi sepi dari para jamaah untuk melakukan sholat berjamaah. Padahal kita semua tahu betul bahwa masjid merupakan salah satu pusat peradaban Ummat Islam sekaligus pusat kebangkitan Ummat Islam.

Kekhawatiran ini sangatlah beralasan mengingat tidak sedikit masjid yang hanya ramai saat sholat Jumat atau sholat Hari Raya semata, sedangkan shalat untuk kebutuhan lima waktu cenderung sepi dan hanya bisa dihitung dengan jari. Meskipun tidak semuanya tapi lebih banyak yang sepi dari jamaah.

Kurangnya minat para jamaah datang ke Masjid sangat mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja kurangnya terjaga kebersihan masjid, kurangnya informasi seputar masjid terutama berkaitan dengan agenda kegiatan kajian-kajian, cenderung masjid hanya sebatas tempat untuk ritual ibadah semata.

Untuk itulah dengan latar belakang seperti ini maka program LELAKI SERIBU MASJID diluncurkan, meskipun kegiatan ini sebatas person to person artinya setiap orang bisa melakukannya baik ia sebagai pelaku kegiatan maupun pendukung kegiatan.

TARGET, TUJUAN DAN WAKTU :
  • Target kegiatan yang akan mulai digulirkan tahun 1441 H/2019 M adalah 1000 Masjid sebagaimana nama program yang sudah dicanangkan, masjid yang dimaksud terdiri dari masjid besar maupun kecil yang ada di Indonesia dan mudah dijangkau sesuai kemampuan. Dengan target setiap bulannya minimal 10 Masjid.
  • Tujuan kegiatan dimaksudkan untuk melakukan bersih-bersih ruang wudhu sekaligus memasang berbagai rambu-rambu di ruang wudhu, seperti ajakan untuk hemat air,doa setelah berwudhu, ajakan menjaga kebersihan. Selain itu tujuan kegiatan juga untuk melakukan explorasi seputar masjid dengan beragam kegiatan dan keunikannya.
  • Waktu kegiatan mulai dari Muharram 1441 H ( September 2019) sampai batas waktu terpenuhinya target 1000 masjid.
BENTUK KEGIATAN
  • Kegiatan ini dilakukan oleh person to person baik secara kelompok maupun perorangan dengan target masjid yang sudah ditetapkan sesuai jangkauan. 
  • Kegiatan meliputi bersih-bersih ruang wudhu dan memasang berbagai rambu-rambu dalam ruang wudhu yang sudah disiapkan oleh tim.
  • Melakukan ekplorasi Masjid yang meliputi tentang masjid, kegiatan seputar masjid yang dilaksanakan oleh Remaja Masjid maupun Takmir Masjid.
  • Melakukan ekplorasi seputar keunikan masjid meliputi data jamaah yang seringkali hadir dimasjid dan lingkungan seputar masjid.
  • Melakukan silaturahim kepada pengurus masjid (DKM) dan remaja masjid sekaligus melakukan wawancara singkat yang berkaitan dengan masjid.
  • Melaporkan setiap kegiatan dalam group WhatsApp yang dibentuk.
PARTISIPASI PROGRAM

Partisipasi program dalam kegiatan Lelaki Seribu Masjid ini setidaknya dapat dilakukan dengan dua bentuk meliputi :
  • RELAWAN PENGGERAK : merupakan personal yang melaksanakan kegiatan secara swadaya dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dalam group WhatsApp yang sudah ada. Setiap pelaku dapat melakukan secara perorangan maupun kelompok, dan setiap pelaku menyediakan sendiri peralatan baik secara swadaya mandiri maupun sokongan dari tim kecuali terdapat bantuan.
  • RELAWAN PENDUKUNG : merupakan orang perorang maupun lembaga/badan/perusahaan /organisasi  yang memiliki kesamaan tujuan untuk melakukan kegiatan ini tapi tidak bisa menjadi penggerak yang terjun langsung ke lapangan kegiatan melainkan hanya sebatas memberikan bantuan dukungan berupa penyediaan peralatan maupun bantuan lainnya. 
LAPORAN PROGRAM :

Setiap laporan kegiatan akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat umum melalui sarana dan prasarana yang ada diantaranya melalui media sosial di Facebook, Instagram, Twitter dan Blogger. Sedangkan informasi secara offline akan disampaikan melalui Bulletin Ayo Ke Masjid. Dan bagi pendukung program yang menyalurkan bantuannya akan di sampaikan melalui laporan yang dikirim via email.

KERJASAMA PROGRAM 

Untuk kelancaran kegiatan tersebut, maka kerjasama program dapat dilakukan dengan menghubungi kami di 08778 2050 919

PENUTUP

Terima Kasih atas partisipasinya dalam mendukung kegiatan yang akan kami lakukan ini, semoga Allah SWT memberikan kemudan dan kelancaran setiap kegiatan yang dilaksanakannya. Perubahan akan bisa dilakukan tidak hanya berasal dari hal yang besar melainkan dapat dilakukan dari hal yang kecil.

ALAMAT KONTAK KAMI 

Telp : +62 8778 2050 919



Komentar


Postingan Populer